Kamis, 16 Oktober 2008

beratnya kurikulum sekolah

gue baru pulang ngeles, fiuhhhhhh.....
cuapek banget
anak-anak besok uts, n bahannya aje gila bener....
gue yang ngerasa uda cepet banget in reminding something g bisa bayangin otak mereka diperas buat hapalan segitu banyak.
mesq gue juga guru, tapi suer gue ngerasa murid-murid gue ga bakalan bisa pinter kalo gini caranya.
murid sekarang bener-bener murid hapalan pokoknya.
mereka bahkan kadang ga ngerti bener apa yang mereka pelajari.
sekarang disuruh baca, di kasi rangkuman, minggu depannya uda harus latihan trus lanjut ulangan, abis ulangan uda ganti bab lagi. Jadi kalo uda deket UTS or UAS yang uda dihapalin di depan, plassssss ilang g nyantol sama sekali. Ngulang dari 0 lagi.
makanya bener juga ketika uda jadi mahasiswa n pegawai kelak otak mereka nggak dibiasain buat thinking, creating or researching. apa yang ada ya itu yang dikerjain, atau nunggu perintah selanjutnya suruh apa, kalo uda mepet copy paste aja gampang.
makanya agak sulit juga nyiptain iklim jadi peneliti atau inovator di Indonesia ini. KIta semua terbiasa apa-apa disediain, kalau susah dikit ngeluh, kalo kepepet segala cara dihalalin.
yang capek guru lesnya tau!
Bayangin aja besok ulangan, bahan buat ulangan baru ditempel hari ini, selembar aja sih ga papa, kadang ampe berlembar-lembar harus hapal coz besok yang keluar persis sama dengan isi rangkuman. Kata atau kalimatnya beda dikit aja meski pengertiannya sama uda salah. Ini nih yang bikin kreativitas anak-anak mandeg.Soalnya uda dikotak n dipagari dengan batasan yang dibuat gurunya masing-masing. Da gitu anak-anak jadi males banget baca. Wong baca buku paket banyak-banyak juga percuma yang keluar ya cuma rangkuman dari guru atau halaman yang udah ditentuin aja titik. Jadi gak perlu susah-susah liat info lain yang disediakan buku karenan pasti gak keluar di ulangan. Yang penting nilainya bagus. Soal luasnya wawasan belakangan toh naiktidaknya ke kelas selanjutnya juga tergantung nilai bukan luas atau sempitnya wawasan anak.
Nggak tau nih, terus terang aja aq bingung. Rasanya sebagai guru kok rasa bersalah itu gede ya dibayar mahal hanya untuk mengulang atau mendampingi anak untuk menghafal aja dengan hanya memberikan sedikit tambahan ilmu. Ntahlah, meskipun katanya kurikulum udah dibenahi, pembelajaran di kelas diusahakan merangsang anak untuk lebih aktif tapi kayaknya useless deh selama SDM yang ada tetep lebih suka pake cara lama gini. Emang jauh lebih mudah sih nyiapin rangkuman dan bahan ulangan yang udah ditentukan sebelumnya trus suruh anak untuk diam dan tekun mengerjakan soal daripada menyiapkan media pembelajaran seperti presentasi atau penelitian yang tentu saja membutuhkan, waktu, biaya, pikiran dan tenaga yang extra. Semoga kelak kalau gaji guru udah bener-bener layak, mereka akan lebih konsentrasi untuk menyiapkan bahan pengajaran yang lebih menarik dan merangsang murid untuk lebih kritis dan inovatif daripada sekedar dijejali dengan ilmu teoritis yang nggak akan nempel lama di otak. Kan kalo gaji udah layak, guru-guru ga perlu cepet-cepet pulang atau menghabiskan waktunya untuk mencari tambahan uang sebaliknya akan lebih menghabiskan waktu untuk memintarkan diri sendiri demi menuang ilmu dan kepintaran yang lebih banyak lagi buat murid-muridnya.Semoga....

Tidak ada komentar: