Rabu, 15 Oktober 2008

Udah baca MUHAMMAD?
Yang karyanya Karen Armstrong?
keren abiz...
gue yang notabene muslim, kayaknya harus belajar banyak dr mantan biarawati ini deh.
Even baru ini gue bener2 menghayati n ngulang berkali2 untuk baca buku ini.
Gue hobi banget baca, apa aja... pokoke berupa karakter dan kalimat gue baca
sejarah, religi, seni, budaya, politik, ekonomi bahkan semi-pornografi pun gue baca. Biasane buku apapun cm sekali aja gue baca abis itu udah. Ilang juga bukune g bakalan nyari.

Gue kagum bukan karena keindahan Karen menggambarkan sosok Muhammad dalam bukunya,
tp kemampuan dia untuk menyajikan sebuah buku dengan penelitian mendalam tentang sosok kontroversial bagi kaum barat non-muslim dengan bahasa yang sangat ilmiah dan dengan referensi yang lumayan lengkap. Bahkan yang paling membuat malu, gue yang ngaku muslim ini cuma buka terjemahan Al Qur'an ntah berapa kali dalam setahun. Malah lebih sering buka kamus Oxford yg ampir tiap hari gue buka buat ngajar. Buku ini juga mengajarkan banyak hal tentang history Islam yang udah sering gue baca tapi ga nyantol soalnya bahasanya terlalu tinggi dan so arabic jadi ga terlalu mudeng.

Bahkan pemahaman poligami dan latar belakang keluarnya ayat yang memperbolehkan poligami jg baru gue pahami setelah baca buku ini. Bahwa Rasulullah tidak pernah poligami ktika beliau menikah dengan Siti Khatijah, bahwa beliau juga baru menjalani hidup poligami setelah perang meninggalkan begitu banyak janda, juga untuk tujuan politis semasa beliau menjadi khalifah yang mulai memerintah sebuah negara. Di buku ini juga Karen menggambarkan Rasulullah begitu manusiawi dan keputusan-keputusan yang diambil juga begitu manusiawi tanpa mengesampingkan kaidah-kaidah agamis, sedih dan terluka saat putra, istri dan sahabatnya meninggal, bahkan sisi Rasul yang suka bercanda dan menggoda anak, istri dan cucunya. Truly this is the firt book about religion that I read many times. This is the first book that i enjeyed so much when I read it. Even though its not a fiction book tapi Karen berhasil membuat bacaan seberat n seilmiah ini jadi ringan aeperti kalo aku baca naRUTO.

Tidak ada komentar: