Rabu, 17 September 2008

Meningkatkan mutu sebagai guru


Maksud artikel saya yang ini bukan menggurui, karena saya sendiri masih mentah sekali di dunia pengajaran. Saya hanya ingin berbagi supaya nasib guru-guru kita tidak terpuruk dengan hanya mengandalkan gaji dari sekolah tempat kita mengajar atau pemerintah saja.
Sepanjang pengamatan saya sejak saya bergabung sejak saya masih menjadi murid hingga terjun langsung di dunia pendidikan, saya melihat beberapa aspek yang membuat guru-guru kita kalah bersaing dengan guru-guru impor yang sekarang bertebaran di mana-mana, meski masih banyak juga guru yang kualitasnya tidak diragukan lagi. Kelemahan kebanyakan guru-guru kita dari pengamatan sehari-hari saya adalah:

1. profesionalitas.
jangan jadikan pekerjaan mengajar sebagai rutinitas, tapi jadikan ini sebagai profesi yang sepertinya akan anda jalani selamanya. Jadi anda akan benar-benar berkomitmen untuk memberikan yang terbaik saat memberikan ilmu ke murid-murid anda maupun dedikasi anda di tempat kerja anda.

2. wawasan
Kembangkan wawasan anda tidak hanya di bidang ilmu yang anda ajarkan saja, tapi juga meliputi perkembangan terbaru di dunia, lingkungan maupun tren yang sedang berkembang di dunia anak didik anda. Ini akan memudahkan anda untuk mengembangkan bahan pengajaran dan lebih dekat ke anak didik anda.

3. penguasaan tekhnologi
masih banyak sekali tenaga pendidik kita yang menggunakan cara-cara konvensional. Jika anda tetap bertahan dengan alat peraga maupun pengetahuan tekhnologi seadanya maka anda akan diremehkan oleh atasan, rekan kerja, anak didik juga wali murid anda. Efesiensi waktu dan tenaga juga akan sangat terasa jika anda mampu menggunakan tekhnologi dengan baik.

4. inovasi
jangan monoton dengan cara mengajar anda. maksimalkan semua potensi dan sumber daya yang ada di sekitar anda. banyak guru menjadi favorit murid atau dihargai lebih di tempat kerjanya jika ia mampu menampilkan inovasi-inovasi terbaru dan berkembang mengikuti perubahan karakter anak dan dunia pendidikan.

5. etos kerja
disiplin dan efisien dengan waktu sangat diperlukan dlm pekerjaan apapun. Kebiasaan untuk datang lebih awal dan pulang lebih lama bukan hanya untuk kepentingan sekolah atau tempat kerja kita. tapi dengan meluangkan 15-1 jam lebih lama dari rekan kerja anda di kantor untuk bekerja, belajar sesuatu yang baru dan mengevaluasi pekerjaan anda akan membuat anda mempunyai nilai lebih di mata atasan atau murid anda.

6. Bahasa Inggris
Bukan karena saya guru bahasa Inggris lantas saya berkata bahwa bahasa Inggris itu penting. Tapi kita akui atau tidak bahasa universal saaat ini adalah bahasa Inggris. MAteri-materi baru dan ilmu pengetahuan baru hampir semuanya disajikan dalam bentuk bahasa Inggris. Bagaimana anda bisa belajar hal-hal yang baru jika kemampuan berbahasa Inggris anda terbatas.

7. fleksibilitas pengajaran.

Anak-anak sekarang jauh berbeda dengan anak-anak 10 tahun atau 20 tahun yang lalu. Anak-anak sekarang adalah anak-anak hasil globalisasi yang menuntut sesuatu yang lebih dari gurunya. jangan kaku dan ekstrem dalam menerapkan aturan di kelas atau saat mengajar. Sedikit game dan bercanda akan mencairkan susana dan kesenjangan antara guru dan murid sehingga anak akan lebih terbuka pada anda jika dia mengalami hambatan saat belajar.
Tidak semua pula anak itu pintar ataupun bodoh. Jika kita tidak fleksibel maka suasana belajar yang kondusif dan hasil maksimal pun akan sangat sulit diperoleh.

Tidak ada komentar: